Proposal Pengadaan buku


A.    MUQODDIMAH
“Bacalah.(1) Bacalah  dengan nama Tuhanmu yang telah menciptakan makhluq (2)( Q.S. Al-Alaq:1-2 ).
Sebuah keilmuan apapun akan semakin lestari dan meningkat, apabila tersedianya informasi yang stabil. Yang kesemuanya di bungkus dalam bentuk “Perpustakaan’’.  Sedangkan perpustakaan sudah seharusnya meningkatkan koleksinya yang up to date, agar informasi tetap mampu menyeimbangkan kemajuan zaman.
Segala puji hanya milik Allah SWT. Raja diraja, sehingga dengan rahmat dan ridlo-Nya yang telah dilimpahkan kepada kita, kita masih dalam keadaan ni’matul Iman wal Islam. Serta penyusunan proposal pengadaan fasilitas perpustakaan di Pedukuhan Jangkang Kidul, Kelurahan Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo ini dapat terselesaikan dengan baik.
Proposal ini bertujuan untuk mendapatkan bantuan, baik berupa buku, CD/DVD edukatif dari berbagai pihak, sehingga program pengadaan fasilitas perpustakaan TPA MASJID AL-ISLAM di Pedukuhan Jangkang Kidul, Kelurahan Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo ini dapat terlaksana dengan baik, dan selanjutnya dapat berguna dan menambah pengetahuan warga, terutama anak-anak dan remaja di Pedukuhan Jangkang Kidul, Kelurahan Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo, dan sekitarnya dalam berbagai disipliner bidang keilmuan.
Dalam kesempatan ini kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan berupa arahan dan dorongan dalam penyusunan proposal ini.
Kami berharap permohonan bantuan fasilitas perpustakaan ini, dapat dikabulkan oleh berbagai pihak, sehingga TPA MASJID AL-ISLAM di Pedukuhan Jangkang Kidul, Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo dapat memiliki perpustakaan yang memadai dan nantinya dapat berguna dan menambah wawasan bagi warga, terutama anak-anak dan remaja TPA MASJID AL-ISLAM di Pedukuhan Jangkang Kidul, Kelurahan Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo dan sekitarnya.




B.     NAMA KEGIATAN
Nama kegiatan ini adalah “Pengadaan fasilitas perpustakaan  TPA MASJID AL-ISLAM di Pedukuhan Jangkang Kidul, Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo sebagai embrio intelek generasi mendatang, sekaligus ilmuan berbasis multidisipliner.”

C.    LANDASAN PEMIKIRAN
Saat ini minat baca masih menjadi pekerjaan rumah, yang belum terselesaikan bagi bangsa Indonesia. Berbagai cara dan program telah dilakukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Pemerintah, praktisi pendidikan, LSM, dan masyarakat yang peduli pada kondisi minat baca saat ini telah melakukan berbagai kegiatan yang diharapkan mampu meningkatkan apresiasi masyarakat untuk membaca. Akan tetapi berbagai program tersebut belum memperoleh hasil maksimal.
Untuk mewujudkan bangsa yang memiliki budaya baca, maka bangsa ini perlu melakukan pembinaan minat baca anak. Pembinaan minat baca anak merupakan langkah awal sekaligus cara yang efektif menuju bangsa berbudaya baca. Pada usia sekolah dasar, anak mulai dikenalkan dengan huruf, belajar mengeja kata, lalu belajar memaknai kata-kata tersebut dalam satu kesatuan kalimat yang memiliki arti. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menanamkan kebiasaan membaca pada anak. Minat baca anak perlu dipupuk dengan menyediakan buku-buku yang menarik dan representatif bagi perkembangan anak. Dari kebiasaan individu ini kemudian akan berkembang menjadi budaya baca masyarakat.
Akan tetapi pembinaan minat baca anak saat ini, sering terbentur dengan masalah ketersediaan sarana baca. Tidak semua anak-anak mampu mendapatkan buku yang mampu menggugah minat baca mereka. Faktor ekonomi dan minimnya kesadaran orang tua untuk membelikan buku. Belum juga tersedianya sarana baca yang maksimal, hal ini merupakan masalah besar dalam pembinaan minat baca anak. Anak-anak tidak dapat memanjakan minat bacanya. Padahal pembinaan minat baca anak merupakan modal dasar untuk memperbaiki kondisi minat baca masyarakat saat ini.
Untuk mengatasi masalah ini, maka perlu adanya pengadaan fasilitas sarana baca yakni pengadaan buku. Melalui koleksi buku yang dimiliki, dan di dukung dengan langkah representative, maka akan mampu menumbuhkan kebiasaan membaca pada anak.
Saat ini fasilitas perpustakaan yang ada di TPA MASJID AL-ISLAM  masih sangat terbatas. Oleh karenanya demikian, dibutuhkan peran serta semua pihak untuk dapat mewujudkannya. Pengadaan fasilitas perpustakaan ini, sebagai salah satu langkah usaha untuk membentuk generasi yang gemar membaca. Dengan adanya fasilitas perpustakaan yang memadai ini, diharapkan akan memotivasi anak-anak untuk berkunjung dan membaca koleksi buku-buku yang ada. Buku-buku yang menjadi koleksi tentunya adalah buku-buku yang dapat menarik minat baca anak-anak dan bersifat edukatif, imajinatif dan creatif.
Adapun kebutuhan yang dibutuhkan dalam pengadaan fasilitas perpustakaan di TPA MASJID AL-ISLAM  adalah sebagai berikut:
Pertama, koleksi buku-buku yang bermutu dan berkualitas dalam berbagai multi dipliner.
Kedua, koleksi buku-buku keislaman.
Ketiga, koleksi CD/DVD edukatif.
D.      BENTUK KEGIATAN
Permohonan bantuan bahan referensi untuk pengadaan fasilitas perpustakaan TPA MASJID AL-ISLAM di Pedukuhan Jangkang Kidul, Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo.
E.     MAKSUD DAN TUJUAN
  1. Mengadakan fasilitas perpustakaan TPA MASJID AL-ISLAM di Pedukuhan Jangkang Kidul, Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo.
  2. Membudayakan membaca di kalangan anak-anak pada khusunya, dan masyarakat pada umumnya. Di lingkungan Pedukuhan Jangkang Kidul, Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo.
F.     TARGET
  1. Kualitatif : menambah fasilitas perpustakaan TPA MASJID AL-ISLAM untuk meningkatkan wawasan pengetahuan umum maupun keislaman. Baik masyarakat secara umum dan khususnya anak-anak dan remaja TPA MASJID AL-ISLAM di Pedukuhan Jangkang Kidul, Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo.
  2. Kuantitatif :
No
Nama Barang
Jumlah
1.
Buku-Buku Kajian Fiqih
10 Buah
2.
Buku-Buku Sejarah Islam
10 Buah
3.
Buku-Buku ‘aqidah
10 Buah
4.
Buku-Buku Sholawat
10 Buah
5
Buku-Buku Tafsir dan Hadits
10 Buah
6
Buku-Buku Do’a
10 Buah
7
Buku-Buku Pemikiran Islam
10 Buah
8
Buku-Buku Antologi Ulama’
10 Buah
9
Buku-Buku Problematik Umat
10 Buah
10
Buku-Buku Novel
10 Buah
11
Buku-Buku Qoidah Bahasa Arab
10 Buah
12
Buku-Buku Tasawuf Sufi
10 Buah
13
Buku-Buku Anekdot
10 Buah
14
Buku-Buku Sejarah Nabi
10 Buah
15
CD/DVD Educatif
10 Buah

G.    SASARAN
Sasaran kegiatan ini adalah :
1.      Dukuh Jangkang Kidul, anak-anak, remaja dan warga masyarakat yang tinggal di Padukuhan Jangkang Kidul,  Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.
2.      Seluruh Ummat Nabi Muhammad SAW hususnya dan Berbagai pihak yang berhubungan dengan kegiatan tersebut.
H.    SUSUNAN PANITIA
Terlampir
I.       PENUTUP
Demikian proposal kerjasama “Pengadaan fasilitas perpustakaan  TPA MASJID AL-ISLAM di Padukuhan Jangkang Kidul, Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo sebagai embrio intelek generasi mendatang, sekaligus ilmuan berbasis multidisipliner.”  ini kami sampaikan. Mudah-mudahan Allah SWT meridloi dan mencurahkan rahman rahimnya kepada kita, sehingga kita  diberi kemudahan dalam melaksanakan progam kita, Amin. Atas segala bantuan dan dukungannya, kami ucapkan terima kasih Jazakumullahu Khoiral Jaza. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita semua. Amin.

                                                                                                  Kulon Progo, 5 Agustus 2011
                           Panitia Pelaksana,
      Ketua Panitia                                                                       Sekretaris


   Andrian Ahmad P.                                                        Septiana Diah Andari


         Mengetahui,
  Ketua Takmir                                                                Dukuh Jangkang Kidul



     Sumardi                                                                                     Sumija

  Kepala Desa Sentolo



Teguh
                                                           









                                                                       





0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply

Santri kudu wani kluruk

el_kutub. Diberdayakan oleh Blogger.

Kritik dan Saran

Kemajuan butuh kritik dan saran dari semua elemen

BTemplates.com

Achmad Choirul Umam email: attuwungiyu@gmail.com nama Pena: Elkutub Facebook: Elkutub Merdeka Penulis adalah Alumnus PP. Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta

Blogroll