Keagungan Nama
Rasululloh
Mendidik, Membimbing,
Membahagiakan Dunia Akhirat
Oleh Achmad
Choirul Umam
NIM:
18204021010
Simbol ajaran yang plural dan universal tergambar dalam sosok seorang ingsan yang amat mulia, baginda Rosul Muhammad sallallahu ‘alaihi wasallam. Seoarang ingsan kekasih dari Robbnya yang tiada selainya. Mengikuti ajaranya suatu keniscayaan. Terdapat satu amaliah yang mudah dan tidak membutuhkan syarat dan rukun yang komplek. Hanya perlu melisankan dan membiasakan dalam hati maupun lisan, tetapi kemanfaatan dapat dirasakan dalam dunia dan akhirat. Baik dari sisi pendidikan, bimbingan dan kebahagiaan. Hal tersebut suatu perintah yang di lakukan oleh pemilik perintah yaitu sholawat. Didalam sholawat berbagai rohmat dan taufiq Allah dicurahkan bagi para pembacanya, dan mengistiqomahkan. Shollu’alannabi.
Kata kunci: Muhammad, Sholawat, mendidik, membimbing, membahagiakan.
PENDAHULUAN
Baginda Rosul Muhammad shollallahu ‘alaihi
wasalllam adalah sosok insan yang amat teramat sempurna baik wujud
maupun sifat. Al-Habib Ali bin Muhammad Husain al-Habsyi dalam karya maulidnya
yang berjudul tsimtud duror menggambarkan baginda Rasul dengan
sangat indah, diantaranya baginda Rasul tidak pernah berkata dan berperilaku
melainkan hanya perkataan dan perilaku yang ma’ruf semata, seorang ingsan yang
diciptakan oleh Allah dengan kesempurnaan yang tidak dimiliki dan diberikan
kepada makhluknya Allah, siapapun dan apapun wujudnya, kecuali hanya kepada
baginda Rosul. Dalam satu doanya didalam maulid tersebut al-Habib ‘Ali berdoa :
ya Allah dawamkan kami untuk senantiasa beramal tho’at dan tunduk kepadaMu,
jikalau Engkau mencabut nyawa kami, cabutlah nyawa kami dalam keadaan muslim
mukmin, serta cabutnya nyawa kami semua dalam keadaan baik. Bahkan al-Habib
Abdulloh ‘Alawi al-Haddad dalam rhotibul hadad beliau berdoa: ya
Allah rizqikan kepada kami kesempurnaan dalam mengikuti baginda Nabi, baik
dhohir dan bathin kami. Dalam konteks ini, ketaatan kepada rasul menjadi
satu keniscayaan yang menjadi perantara seseorang mendapat rahmat dan ridlo
dari Allah SWT.
Studi kajian tentang baginda rosul sebagai
manusia biasa, yang sangat komplek dari berbagai sudut praktek kehidupan tidak
akan pernah selesai sampai hari qiyamat. Terlebih menjadikan rasul sebagai
uswah hidup dialam fana yang pasti akan rusaknya ini. Mengenal baginda rasul
tidak hanya dari sisi wujud kemanusiannya belaka, melainkan fakta social,
ekonomi, politik dan berbagai fakta lain yang terjadi di belahan dunia manapun.
Hadirnya baginda rosul itu tidak bersifat regional lokal wilayah tertentu, melainkan
semua alam semesta.
Terdapat satu printah dengan redaksi bentuk
fi’il amr shollu alaihi, kata printah yang maknanya al-amru
lil wujub. Hukum asal perintah itu wajib, dalam konteks ini tidak
mungkin dimaknai sholatlah kepada nabi, kalau dimaknai demikian maka tidak
jumbuh dengan redaksi ayat yang lain, wala tusyriku bihi syaian. Maka
dari itu perintah tersebut bermakna bersholawatlah kepada nabi Muhammad SAW. seorang manusia biasa yang tidak seperti
manusia biasa. Ditinjau dari kitab ‘aqidatul awam seorang rasul
memiliki empat sifat wajib yaitu sidiq, tabligh, amanah, dan fathonah. Ia
memiliki sifat mustahil baginya kidzbun, khiyanatun, kitmanun, dan baladatun.
Sedangkan rosul memiliki sifat jaiz yaitu makan, minum, tidur, sakit, dan lain
sebagainya yang dilalui serta dirasakan oleh manusia biasa.
Sang teladan baginda rosul sesaat namanya
disebut, dijamin ampunan dari Allah, doa dari malaikat serta kasih sayang Rosul
baginya. Dalam konteks ini yang dimaksud dengan menyebut nama baginda rosul
adalah bersholawat kepada Nabi Muhammad. Oarng yang membaca sholawat kepada
baginda rosul, maka Allah pun akan berholawat kepadanya, malaikat bersholawat
kepadanya serta baginda rosulpun bersholawat kepadanya.
Para ulama’ sudah bersepakat bahwa istidlalulhukmi
dalam mengambil dasar hukum yang digunakan untuk mengaplikasikan ajaran baginda
rasul itu bersumber dari al-Quran, al-Hadits, al-Ijma’ dan al-Qiyas.
Kempat-empatnya diterapkan secara berurutan, diambil dari al-Quran, kemudian
hadits, ijma’ dan baru qiyas. Maka dari itu untuk mengawali pembahasan dalam
makalah ini, al-faqir berusaha mengawali tulisan ini dengan dalil-dalil yang
diambil dari al-quran, disusul berikutnya dalil dari hadis, kemudian pendapat
beberapa ulama dan setelah itu akan dipaparkan pemahaman al-faqir berdasarkan
membaca beberapa literatur, yang akan menjadi kesimpulan al-faqir.
PEMBAHASAN
A.
Istidlaal al-Quran
Dalil naqli sholawat QS al-Ahzab: 56-58:
إن
الله وملائكته يصلون على النبى يا أيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما. (56)
إن الذين يؤذون الله ورسوله لعنهم الله فى الدنيا والأخرة وأعدّ لهم عذابا مهينا.
(57) والذين يؤذون المؤمنين والمؤمنات بغير ما اكتسبوا بهتانا وإثما مبينا. (58)
B.
Istidlal
al-Hadits
Beberapa teks hadits yang menerangkan
keagungan sholawat Hadits:
1. قال
رسول الله صلى الله عليه وسلم من صلى علي صلاة صلى الله عليه بها عشرا (رواه
مسلم).
2. وكان
صلى الله عليه وسلم يقول إن لله ملكا
أعطاه أسماع الخلائق قائم على قبري إذا مت فليس أحد يصلى علي صلاة صادقا من قلبه
إلا قال يا محمد صلى عليك فلان ابن فلان قال فيصلى الرب تبارك وتعالى على ذلك
الرجل بكل واحدة عشرا وتصلى عليه الملائكة ما دام يصلى علي.
3. وقال
صلى الله عليه وسلم من صلى علي واحدة صلى الله عليه عشرا ومن صلى علي عشرا صلى
الله عليه مائة ومن صلى علي مائة كتب الله له بين عينه براءة من النفاق وبراءة من
النار وأسكنه الله يوم القيامة مع الشهداء فاكثروا من الصلاة علي كلما ذكرت فإنها
كفارة لسيئتكم.
4. وقال
صلى الله عليه وسلم من صلى علي مرة واحدة صلى الله عليه عشر مرات ومن صلى علي عشر
مرات صلى الله عليه مائة مرة ومن صلى علي مائة مرة صلى الله عليه ألف مرة ومن صلى
علي ألف مرة حرم الله جسده على النار وثبته بالقول الثابت فى الحياة الدنيا
والأخرة عند المسألة وجائت صلاته علي نورا يوم القيامة على الصراط مسيرة خمسمائة
عام وأعطاه الله بكل صلاة صلاها قصرا فى الجنة قل ذلك أو كثر.
5. وفى
رواية ومن صلى علي ألفا زاحمت كتفه كتفى على باب الجنة. وقال صلى الله عليه وسلم
من صلى علي صلاة من أمتى كتب الله له عشر حسنات ومحى عنه عشر سيئات ورفعه بها عشر
درجات وكنّ له عدل عشر رقاب.
6. وفى
رواية من صلى علي من أمتى صلاة مخلصا من قلبه صلى الله عليه بها عشر صلوات ورفعه
بها عشر درجات وكتب له بها عشر حسنات ومحى عنه بها عشر سيئات.
7. وقال
صلى الله علي وسلم من صلى علي واحدة صلى الله عليه وملائكته سبعين صلاة.
8. وكان
صلى الله عليه وسلم يقول من صلى علي فى يوم ألف مرة لم يمت حتى يرى مقعده من
الجنة، وكان صلى الله عليه وسلم يقول من صلى علي فى كل يوم مائة مرة قضى الله له
مائة حاجة أيسرها عتقه من النار.
9. عن
على كرم الله وجهه فإنى سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول قال جبريل يا محمد
إن الله عز وجل يقول من صلى عليك عشر مرات استوجب الأمان من سخطى.
10.
وقال صلى الله
عليه وسلم من صلى علي كل يوم ثلاث مرات وكل ليلة ثلاث مرات حبا لى وشوقا إلى كان
حقا على الله أن يغفر له ذنوبه تلك الليلة وذلك اليوم.
11.
وقال صلى الله
عليه وسلم من صلى علي صلاة كتب الله له قيراطا من الأجر والقيراط من الأحد.
12.
من صلى علي صلاة
لم تزل الملائكة تصلى عليه ما صلى علي فليقل من ذلك عبد أو كثر.
C.
Makna Sholawat
Kata الصلاة
secara bahasa artinya doa, istighfar dan rahmat. Dengan bentuk kata aktif صلّى يصلّى
dalam konteks ini, dilihat subyeknya siapa. Kalau subyeknya Allah SWT. berarti
memberi ampunan, mencurahkan rahmat Adapun subyeknya itu malaikat artinya
berdoa untuk ampunan seorang hamba atau rohmat bagi baginda rosul Muhammad SAW.
dan apabila subyeknya itu baginda rasul maka artinya rasululloh memberi syafaat
kepada umatnya dan kasih sayang rasul kepada umatnya. Sedang apabila subyeknya
itu seorang hamba maka artinya memohon ampunan, berdoa, serta memohon rohmat.
Makna Sholawat menurut Shohabat Ibnu Abbas
ra.: a. Sholawatnya Allah SWT kepada Nabi artinya Allah SWT merahmati nabi, b.
sholawatnya Malaikat kepada nabi artinya doa malaikat untuk Nabi yakni
isttighfar. Abul ‘aliyah: sholawatnya Allah kepada nabi itu sanjungan, sedang
malaikat itu doa, sholawatnya orang beriman berdoa kepada nabi, agar senantiasa
rahmat dan sallam kepada nabi. Imam al-Baidlowi: a. sholawatnya Allah dan
malaikat kepada nabi, menunjukkan bahwa Allah menunjukkan atas kemuliaan dan
Agunnya nabi di sisi Allah, sholawat malaikatpun demikian. b. sholawat dari
ummat nabi artinya membaca اللهم صل على محمد,
dan السلام عليك أيها النبى.
D.
Keagungan
Sholawat
Keistimewaan adalah satu perintah yang Allah
melaksakan sendiri. Berbeda dengan perintah-perintah yang lain seperti sholat
lima waktu, haji, zakat, puasa. Sholawat berasal dari sang Kholiq, Ia
bersholawat kepada baginda nabi artinya Allah sangat mengistimewakan baginda
rasul, hal demikian tidak diperoleh oleh para nabi dan rosul sebelumnya. Makna
yang lebih luas dengan keistimewaan yang diperoleh baginda rasul, berimplikasi
istimewa pula semua umat baginda rasul dipandangan Allah, terbukti dalam ayat بسم الله
الرحمن الرحيم .
Keistimewaan baginda rosul tidak hanya pada
masa-masa tertentu, melainkan mulai dari diciptakanya nur nabi Muhammad. Sebab
Allah tidak menciptakan apapun makhluk melainkan setelah menciptakan nur nabi
Muhammad. Bahkan mahar pernikahan nabi Adam dengan siti Hawa di surga dengan
membaca syahadat. Yang didalamnya terdapat nama nabi Muhammad. Pintu surgapun
tertulis nama Nabi Muhammad. Di dalam doa seorang hamba tanpa bersholawat maka
tidak akan sampai kepada Allah. Maka dari itu keistimewaan yang diperolehnya tidak
diperoleh para nabi dan ummat sebelumnya, sebab istimewanya baginda rosul.
Sholawat tidak hanya perintah belaka, ciptaan
Allah yang teramat taatpun menyertai perintah sholawat tersebut. Para malaikat
yang tidak pernah dusta, maksiat dan selalu taat sesuai perintah, senantiasa
membaca sholawat kepada nabi. Reaktif dan keaktifan para malaikat tersirat
makna yang luas, bahwa sholawat merupakan pusaka yang dimiliki baginda rasul.
Dan hal demikian diperintahkan kepada orang-orang mukmin untuk senantiasa
membaca sholawat dan salam kepada baginda nabi.
Di awal surat dimulai dengan kata taukid,
menunjukan sangat pentingnya bersholawat. Tetapi disisi lain, biasanya kalau
ada perintah yang disertai kata taukid, terdapat fakta lain bahwa
mengistiqomahkan bersholawat itu bukan hal yang mudah. Maka dari itu memohon
pertolongan Allah SWT. agar dimudahkan untuk bersholawat.
Oarng-orang sholeh terdahulu senantiasa
mengistiqomahkan sholawat dalam berbagai aktifitasnya, diantaranya sebelum dan
sesudah mengarang kitab pasti setelah memuji kepada Allah, akan disertai
bersholawat kepada nabi. Maka dari itu berikut beberapa rangkuman tentang
keagunga sholawat yang tersirat dan tersurat dalam teks hadis tersebut:
1.
Keagungan
sholawat dibaca sekali:
a.
Allah
subhanahu wa ta’ala bersholawat sepuluh kali
b.
Malaikat
bersholawat sepuluh kali
c.
Dicatat
namanya beserta bapaknya oleh malaikat
d.
Dosanya
diampuni
e.
Dibangunkan
istana di surga
f.
Ditulis
sepuluh kebaikan
g.
Diampuni
sepuluh kesalahan
h.
Diangkat
sepuluh derajat
i.
Menolong
sepuluh persoalan dihari peradilan
j.
Tujuh puluh
malaikat bersholawat
k.
Diberi pahala
sebesar gunung uhud
l.
Selalu
didoakan malaikat
2.
Keagungan
dibaca tiga kali:
a.
siang dan
malam diampuni dosanya
3.
Keagungan
dibaca sepuluh kali:
a.
Allah
subhanahu wa ta’ala bersholawat seratus kali
b.
Tidak dimurkai
Allah
4.
Keagungan
dibaca seratus kali:
a.
Dicatat oleh
Allah diantara kedua matanya terbebas dari sifat munafiq
b.
Dicatat oleh
Allah bebas dari api neraka
c.
Dicatat oleh
Allah kelak akan dikumpulkan bersama para syuhada
d.
Allah
subhanahu wa ta’ala bersholawat seribu kali
e.
Kelak akan
bertetangga dengan rosul di surga
f.
Dikabulkan
seratus hajat
g.
Dimudahkan
dari ancaman siksa neraka
5.
Keagungan
dibaca seribu kali:
a.
Allah haramkan
jasadnya dineraka
b.
Didunia
lisanya akan berbicara yang pasti-pasti
c.
Diakhirat
lisanya dimudahkan menjawab pertanyaan
d.
Dimudahkan
saat melewati jembatan shirot dengan keadaan yang terang
e.
Tidak akan
meninggal sebelum melihat tempat disurganya kelak
Dari beberapa rangkuman diatas, dirangkum dalam tabel sebagai
berikut:
No |
Sholawat |
Dunia |
Akhirat |
1 |
Sekali |
Allah subhanahu wa ta’ala
bersholawat sepuluh kali Malaikat bersholawat sepuluh kali Dicatat namanya beserta bapaknya
oleh malaikat Dosanya diampuni Ditulis sepuluh kebaikan Diampuni sepuluh kesalahan Diangkat sepuluh derajat Tujuh puluh malaikat bersholawat Diberi pahala sebesar gunung uhud Selalu didoakan malaikat |
Dibangunkan istana di surga Menolong sepuluh persoalan dihari
peradilan |
2 |
Tiga kali |
siang dan malam diampuni dosanya |
|
3 |
Sepuluh kali |
Allah subhanahu wa ta’ala
bersholawat seratus kali Tidak dimurkai Allah |
|
4 |
Seratus kali |
Dicatat oleh Allah diantara kedua
matanya terbebas dari sifat munafiq Allah subhanahu wa ta’ala
bersholawat seribu kali Dikabulkan seratus hajat |
Dicatat oleh Allah bebas dari api
neraka Dicatat oleh Allah kelak akan
dikumpulkan bersama para syuhada Kelak akan bertetangga dengan
rosul di surga Dimudahkan selamat dari ancaman
siksa neraka |
5 |
Seribu kali |
Didunia lisanya akan berbicara
yang pasti-pasti Tidak akan meninggal sebelum
melihat tempat disurganya kelak |
Allah haramkan jasadnya dineraka Diakhirat lisanya dimudahkan
menjawab pertanyaan Dimudahkan saat melewati jembatan
shirot dengan keadaan yang terang |
Dari tabel diatas, dapat diketahui keagungan bersholawat sebagai
berikut:
KESIMPULAN
Keagungan nama baginda rosul Muhammad SAW. saat
diistiqomahkan dengan lisan maupun hati seseorang, dapat menjadi sebab berbagai
kemanfaatan didunia dan akhirat. Maka dari itu sebab sholawat, dengan baginda
rosul menjadi wasilah berimpiklasi pada kehidupan didunia dan akhirat, baik
mendidik membimbing dan membahagiakan dunia dan akhirat.
Rahmat Allah yang diberikan di dunia: Ampunan
dosa, Doa Malaikat, Dikenal Nabi, Suatu kebaikan, Bebas dari Murka Allah, Tidak
munafiq, Doa maqbul, Lisan Sholeh, Khusnul Khotimah. Rahmat Allah yang
diberikan di akhirat: Masuk Surga, Mudah menjawab pertanyaan Malaikat, Bebas
dari Neraka, Bersama Syuhada', Bersama Rosul, Mudah melewati Shirot.
Mendidikan dalam makna kontesk adanya jaminan
bahwa seorang yang dimudahkan dalam berlaku dijalur yang diridloi atas taufiq
dari Allah. Membimbing dalam kehidupan sosial maupun terkhusus dengan Tuhannya.
Adapun kebahagian yang sudah menjadi harapan setiap ingsan manusia, baik
bahagia secara keluarga, sosial, kehidupan dunia akhirat, teramat husus dengan
Tuhan dan kekasihNya.
Demikian tulisan al-faqir kami susun dengan
tanpa mengurangi rasa hormat kepada pembaca yang budiman, bahwasanya dalam
tulisan tersebut masih banyak kekurangan dan hanya masih sifatnya dalam cakupan
hadits maupun ayat yang terbatas. Mohon sekiranya para pembaca budiman berkenan
membenarkan kekeliruan-kekeliruan tersebut. Syukron.
DAFTAR PUSTAKA
Ibnu Isma’il al-Nabhani, Yusuf. 2011. Afdlol al-Sholawat ‘ala
Sayyidi al-Sadat. Lebanon: Dar al-Kotob al-Ilmiyah.
Muhammad. Abi Abdi al-Mu’thi. Nur al-Dlulam Syarhu Mandlumah
‘Aqidah al-‘Awam. Dar al-Jawi.__
Ibrahim, Zaki Ibrahim. 2011. Fiqh al-Sholawat wa al-Madaih
al-Nabawiyah.___
Nawawi, Muhammad bin Umar al-Jawi. 2011. Tanqih al-Qoul
al-Hatsis fi Syarhi Lubab al-Hadits. Jakarta: Dar al-Kutub al-Islamiyah.
Ibnu Muhammad ibnu Husain al-Habsyi, Ali. ___. Tsimtud al-Duror.
‘Alawi al-Hadad, Abdulloh. Rotib al-Hadad.
Baca juga: Korelasi Fi'il Fa'il Maf'ul Pada Wazan Af'ala
0 Komentar