Keagungan Nama Rasululloh Mendidik, Membimbing, Membahagiakan Dunia Akhirat

Keagungan Nama Rasululloh

Mendidik, Membimbing, Membahagiakan Dunia Akhirat

Oleh Achmad Choirul Umam

NIM: 18204021010

attuwungiyu@gmail.com

 Abstrak

Simbol ajaran yang plural dan universal tergambar dalam sosok seorang ingsan yang amat mulia, baginda Rosul Muhammad sallallahu ‘alaihi wasallam. Seoarang ingsan kekasih dari Robbnya yang tiada selainya. Mengikuti ajaranya suatu keniscayaan. Terdapat satu amaliah yang mudah dan tidak membutuhkan syarat dan rukun yang komplek. Hanya perlu melisankan dan membiasakan dalam hati maupun lisan, tetapi kemanfaatan dapat dirasakan dalam dunia dan akhirat. Baik dari sisi pendidikan, bimbingan dan kebahagiaan. Hal tersebut suatu perintah yang di lakukan oleh pemilik perintah yaitu sholawat. Didalam sholawat berbagai rohmat dan taufiq Allah dicurahkan bagi para pembacanya, dan mengistiqomahkan. Shollu’alannabi.

Kata kunci: Muhammad, Sholawat, mendidik, membimbing, membahagiakan.

PENDAHULUAN

Baginda Rosul Muhammad shollallahualaihi wasalllam adalah sosok insan yang amat teramat sempurna baik wujud maupun sifat. Al-Habib Ali bin Muhammad Husain al-Habsyi dalam karya maulidnya yang berjudul tsimtud duror menggambarkan baginda Rasul dengan sangat indah, diantaranya baginda Rasul tidak pernah berkata dan berperilaku melainkan hanya perkataan dan perilaku yang ma’ruf semata, seorang ingsan yang diciptakan oleh Allah dengan kesempurnaan yang tidak dimiliki dan diberikan kepada makhluknya Allah, siapapun dan apapun wujudnya, kecuali hanya kepada baginda Rosul. Dalam satu doanya didalam maulid tersebut al-Habib ‘Ali berdoa : ya Allah dawamkan kami untuk senantiasa beramal tho’at dan tunduk kepadaMu, jikalau Engkau mencabut nyawa kami, cabutlah nyawa kami dalam keadaan muslim mukmin, serta cabutnya nyawa kami semua dalam keadaan baik. Bahkan al-Habib Abdulloh ‘Alawi al-Haddad dalam rhotibul hadad beliau berdoa: ya Allah rizqikan kepada kami kesempurnaan dalam mengikuti baginda Nabi, baik dhohir dan bathin kami. Dalam konteks ini, ketaatan kepada rasul menjadi satu keniscayaan yang menjadi perantara seseorang mendapat rahmat dan ridlo dari Allah SWT.

Studi kajian tentang baginda rosul sebagai manusia biasa, yang sangat komplek dari berbagai sudut praktek kehidupan tidak akan pernah selesai sampai hari qiyamat. Terlebih menjadikan rasul sebagai uswah hidup dialam fana yang pasti akan rusaknya ini. Mengenal baginda rasul tidak hanya dari sisi wujud kemanusiannya belaka, melainkan fakta social, ekonomi, politik dan berbagai fakta lain yang terjadi di belahan dunia manapun. Hadirnya baginda rosul itu tidak bersifat regional lokal wilayah tertentu, melainkan semua alam semesta.

Terdapat satu printah dengan redaksi bentuk fi’il amr shollu alaihi, kata printah yang maknanya al-amru lil wujub. Hukum asal perintah itu wajib, dalam konteks ini tidak mungkin dimaknai sholatlah kepada nabi, kalau dimaknai demikian maka tidak jumbuh dengan redaksi ayat yang lain, wala tusyriku bihi syaian. Maka dari itu perintah tersebut bermakna bersholawatlah kepada nabi Muhammad SAW.  seorang manusia biasa yang tidak seperti manusia biasa. Ditinjau dari kitab ‘aqidatul awam seorang rasul memiliki empat sifat wajib yaitu sidiq, tabligh, amanah, dan fathonah. Ia memiliki sifat mustahil baginya kidzbun, khiyanatun, kitmanun, dan baladatun. Sedangkan rosul memiliki sifat jaiz yaitu makan, minum, tidur, sakit, dan lain sebagainya yang dilalui serta dirasakan oleh manusia biasa.

Sang teladan baginda rosul sesaat namanya disebut, dijamin ampunan dari Allah, doa dari malaikat serta kasih sayang Rosul baginya. Dalam konteks ini yang dimaksud dengan menyebut nama baginda rosul adalah bersholawat kepada Nabi Muhammad. Oarng yang membaca sholawat kepada baginda rosul, maka Allah pun akan berholawat kepadanya, malaikat bersholawat kepadanya serta baginda rosulpun bersholawat kepadanya.

Para ulama’ sudah bersepakat bahwa istidlalulhukmi dalam mengambil dasar hukum yang digunakan untuk mengaplikasikan ajaran baginda rasul itu bersumber dari al-Quran, al-Hadits, al-Ijma’ dan al-Qiyas. Kempat-empatnya diterapkan secara berurutan, diambil dari al-Quran, kemudian hadits, ijma’ dan baru qiyas. Maka dari itu untuk mengawali pembahasan dalam makalah ini, al-faqir berusaha mengawali tulisan ini dengan dalil-dalil yang diambil dari al-quran, disusul berikutnya dalil dari hadis, kemudian pendapat beberapa ulama dan setelah itu akan dipaparkan pemahaman al-faqir berdasarkan membaca beberapa literatur, yang akan menjadi kesimpulan al-faqir.

 

PEMBAHASAN

A.    Istidlaal al-Quran

 

Dalil naqli sholawat QS al-Ahzab: 56-58:

إن الله وملائكته يصلون على النبى يا أيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما. (56) إن الذين يؤذون الله ورسوله لعنهم الله فى الدنيا والأخرة وأعدّ لهم عذابا مهينا. (57) والذين يؤذون المؤمنين والمؤمنات بغير ما اكتسبوا بهتانا وإثما مبينا. (58) 

B.     Istidlal al-Hadits

Beberapa teks hadits yang menerangkan keagungan sholawat Hadits:

1.   قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من صلى علي صلاة صلى الله عليه بها عشرا (رواه مسلم).

2.   وكان صلى الله عليه وسلم يقول إن لله  ملكا أعطاه أسماع الخلائق قائم على قبري إذا مت فليس أحد يصلى علي صلاة صادقا من قلبه إلا قال يا محمد صلى عليك فلان ابن فلان قال فيصلى الرب تبارك وتعالى على ذلك الرجل بكل واحدة عشرا وتصلى عليه الملائكة ما دام يصلى علي.

3.   وقال صلى الله عليه وسلم من صلى علي واحدة صلى الله عليه عشرا ومن صلى علي عشرا صلى الله عليه مائة ومن صلى علي مائة كتب الله له بين عينه براءة من النفاق وبراءة من النار وأسكنه الله يوم القيامة مع الشهداء فاكثروا من الصلاة علي كلما ذكرت فإنها كفارة لسيئتكم.

4.   وقال صلى الله عليه وسلم من صلى علي مرة واحدة صلى الله عليه عشر مرات ومن صلى علي عشر مرات صلى الله عليه مائة مرة ومن صلى علي مائة مرة صلى الله عليه ألف مرة ومن صلى علي ألف مرة حرم الله جسده على النار وثبته بالقول الثابت فى الحياة الدنيا والأخرة عند المسألة وجائت صلاته علي نورا يوم القيامة على الصراط مسيرة خمسمائة عام وأعطاه الله بكل صلاة صلاها قصرا فى الجنة قل ذلك أو كثر.

5.   وفى رواية ومن صلى علي ألفا زاحمت كتفه كتفى على باب الجنة. وقال صلى الله عليه وسلم من صلى علي صلاة من أمتى كتب الله له عشر حسنات ومحى عنه عشر سيئات ورفعه بها عشر درجات وكنّ له عدل عشر رقاب.

6.   وفى رواية من صلى علي من أمتى صلاة مخلصا من قلبه صلى الله عليه بها عشر صلوات ورفعه بها عشر درجات وكتب له بها عشر حسنات ومحى عنه بها عشر سيئات.

7.   وقال صلى الله علي وسلم من صلى علي واحدة صلى الله عليه وملائكته سبعين صلاة.

8.   وكان صلى الله عليه وسلم يقول من صلى علي فى يوم ألف مرة لم يمت حتى يرى مقعده من الجنة، وكان صلى الله عليه وسلم يقول من صلى علي فى كل يوم مائة مرة قضى الله له مائة حاجة أيسرها عتقه من النار.

9.   عن على كرم الله وجهه فإنى سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول قال جبريل يا محمد إن الله عز وجل يقول من صلى عليك عشر مرات استوجب الأمان من سخطى.

10.                     وقال صلى الله عليه وسلم من صلى علي كل يوم ثلاث مرات وكل ليلة ثلاث مرات حبا لى وشوقا إلى كان حقا على الله أن يغفر له ذنوبه تلك الليلة وذلك اليوم.

11.                     وقال صلى الله عليه وسلم من صلى علي صلاة كتب الله له قيراطا من الأجر والقيراط من الأحد.

12.                     من صلى علي صلاة لم تزل الملائكة تصلى عليه ما صلى علي فليقل من ذلك عبد أو كثر.

C.     Makna Sholawat

Kata الصلاة secara bahasa artinya doa, istighfar dan rahmat. Dengan bentuk kata aktif صلّى يصلّى dalam konteks ini, dilihat subyeknya siapa. Kalau subyeknya Allah SWT. berarti memberi ampunan, mencurahkan rahmat Adapun subyeknya itu malaikat artinya berdoa untuk ampunan seorang hamba atau rohmat bagi baginda rosul Muhammad SAW. dan apabila subyeknya itu baginda rasul maka artinya rasululloh memberi syafaat kepada umatnya dan kasih sayang rasul kepada umatnya. Sedang apabila subyeknya itu seorang hamba maka artinya memohon ampunan, berdoa, serta memohon rohmat.

Makna Sholawat menurut Shohabat Ibnu Abbas ra.: a. Sholawatnya Allah SWT kepada Nabi artinya Allah SWT merahmati nabi, b. sholawatnya Malaikat kepada nabi artinya doa malaikat untuk Nabi yakni isttighfar. Abul ‘aliyah: sholawatnya Allah kepada nabi itu sanjungan, sedang malaikat itu doa, sholawatnya orang beriman berdoa kepada nabi, agar senantiasa rahmat dan sallam kepada nabi. Imam al-Baidlowi: a. sholawatnya Allah dan malaikat kepada nabi, menunjukkan bahwa Allah menunjukkan atas kemuliaan dan Agunnya nabi di sisi Allah, sholawat malaikatpun demikian. b. sholawat dari ummat nabi artinya membaca اللهم صل على محمد, dan السلام عليك أيها النبى.

D.    Keagungan Sholawat

Keistimewaan adalah satu perintah yang Allah melaksakan sendiri. Berbeda dengan perintah-perintah yang lain seperti sholat lima waktu, haji, zakat, puasa. Sholawat berasal dari sang Kholiq, Ia bersholawat kepada baginda nabi artinya Allah sangat mengistimewakan baginda rasul, hal demikian tidak diperoleh oleh para nabi dan rosul sebelumnya. Makna yang lebih luas dengan keistimewaan yang diperoleh baginda rasul, berimplikasi istimewa pula semua umat baginda rasul dipandangan Allah, terbukti dalam ayat بسم الله الرحمن الرحيم .

Keistimewaan baginda rosul tidak hanya pada masa-masa tertentu, melainkan mulai dari diciptakanya nur nabi Muhammad. Sebab Allah tidak menciptakan apapun makhluk melainkan setelah menciptakan nur nabi Muhammad. Bahkan mahar pernikahan nabi Adam dengan siti Hawa di surga dengan membaca syahadat. Yang didalamnya terdapat nama nabi Muhammad. Pintu surgapun tertulis nama Nabi Muhammad. Di dalam doa seorang hamba tanpa bersholawat maka tidak akan sampai kepada Allah. Maka dari itu keistimewaan yang diperolehnya tidak diperoleh para nabi dan ummat sebelumnya, sebab istimewanya baginda rosul.

Sholawat tidak hanya perintah belaka, ciptaan Allah yang teramat taatpun menyertai perintah sholawat tersebut. Para malaikat yang tidak pernah dusta, maksiat dan selalu taat sesuai perintah, senantiasa membaca sholawat kepada nabi. Reaktif dan keaktifan para malaikat tersirat makna yang luas, bahwa sholawat merupakan pusaka yang dimiliki baginda rasul. Dan hal demikian diperintahkan kepada orang-orang mukmin untuk senantiasa membaca sholawat dan salam kepada baginda nabi.

Di awal surat dimulai dengan kata taukid, menunjukan sangat pentingnya bersholawat. Tetapi disisi lain, biasanya kalau ada perintah yang disertai kata taukid, terdapat fakta lain bahwa mengistiqomahkan bersholawat itu bukan hal yang mudah. Maka dari itu memohon pertolongan Allah SWT. agar dimudahkan untuk bersholawat.

Oarng-orang sholeh terdahulu senantiasa mengistiqomahkan sholawat dalam berbagai aktifitasnya, diantaranya sebelum dan sesudah mengarang kitab pasti setelah memuji kepada Allah, akan disertai bersholawat kepada nabi. Maka dari itu berikut beberapa rangkuman tentang keagunga sholawat yang tersirat dan tersurat dalam teks hadis tersebut:

1.      Keagungan sholawat dibaca sekali:

a.       Allah subhanahu wa ta’ala bersholawat sepuluh kali

b.      Malaikat bersholawat sepuluh kali

c.       Dicatat namanya beserta bapaknya oleh malaikat

d.      Dosanya diampuni

e.       Dibangunkan istana di surga

f.        Ditulis sepuluh kebaikan

g.      Diampuni sepuluh kesalahan

h.      Diangkat sepuluh derajat

i.        Menolong sepuluh persoalan dihari peradilan

j.        Tujuh puluh malaikat bersholawat

k.      Diberi pahala sebesar gunung uhud

l.        Selalu didoakan malaikat

2.      Keagungan dibaca tiga kali:

a.       siang dan malam diampuni dosanya

3.      Keagungan dibaca sepuluh kali:

a.       Allah subhanahu wa ta’ala bersholawat seratus kali

b.      Tidak dimurkai Allah

4.      Keagungan dibaca seratus kali:

a.       Dicatat oleh Allah diantara kedua matanya terbebas dari sifat munafiq

b.      Dicatat oleh Allah bebas dari api neraka

c.       Dicatat oleh Allah kelak akan dikumpulkan bersama para syuhada

d.      Allah subhanahu wa ta’ala bersholawat seribu kali

e.       Kelak akan bertetangga dengan rosul di surga

f.        Dikabulkan seratus hajat

g.      Dimudahkan dari ancaman siksa neraka

5.      Keagungan dibaca seribu kali:

a.       Allah haramkan jasadnya dineraka

b.      Didunia lisanya akan berbicara yang pasti-pasti

c.       Diakhirat lisanya dimudahkan menjawab pertanyaan

d.      Dimudahkan saat melewati jembatan shirot dengan keadaan yang terang

e.       Tidak akan meninggal sebelum melihat tempat disurganya kelak

Dari beberapa rangkuman diatas, dirangkum dalam tabel sebagai berikut:

No

Sholawat

Dunia

Akhirat

1

Sekali

Allah subhanahu wa ta’ala bersholawat sepuluh kali

Malaikat bersholawat sepuluh kali

Dicatat namanya beserta bapaknya oleh malaikat

Dosanya diampuni

Ditulis sepuluh kebaikan

Diampuni sepuluh kesalahan

Diangkat sepuluh derajat

Tujuh puluh malaikat bersholawat

Diberi pahala sebesar gunung uhud

Selalu didoakan malaikat

Dibangunkan istana di surga

Menolong sepuluh persoalan dihari peradilan

2

Tiga kali

siang dan malam diampuni dosanya

 

3

Sepuluh kali

Allah subhanahu wa ta’ala bersholawat seratus kali

Tidak dimurkai Allah

 

4

Seratus kali

Dicatat oleh Allah diantara kedua matanya terbebas dari sifat munafiq

Allah subhanahu wa ta’ala bersholawat seribu kali

 

Dikabulkan seratus hajat

 

Dicatat oleh Allah bebas dari api neraka

Dicatat oleh Allah kelak akan dikumpulkan bersama para syuhada

Kelak akan bertetangga dengan rosul di surga

Dimudahkan selamat dari ancaman siksa neraka

5

Seribu kali

Didunia lisanya akan berbicara yang pasti-pasti

 

Tidak akan meninggal sebelum melihat tempat disurganya kelak

Allah haramkan jasadnya dineraka

 

Diakhirat lisanya dimudahkan menjawab pertanyaan

Dimudahkan saat melewati jembatan shirot dengan keadaan yang terang

 

Dari tabel diatas, dapat diketahui keagungan bersholawat sebagai berikut:

 

KESIMPULAN

Keagungan nama baginda rosul Muhammad SAW. saat diistiqomahkan dengan lisan maupun hati seseorang, dapat menjadi sebab berbagai kemanfaatan didunia dan akhirat. Maka dari itu sebab sholawat, dengan baginda rosul menjadi wasilah berimpiklasi pada kehidupan didunia dan akhirat, baik mendidik membimbing dan membahagiakan dunia dan akhirat.

Rahmat Allah yang diberikan di dunia: Ampunan dosa, Doa Malaikat, Dikenal Nabi, Suatu kebaikan, Bebas dari Murka Allah, Tidak munafiq, Doa maqbul, Lisan Sholeh, Khusnul Khotimah. Rahmat Allah yang diberikan di akhirat: Masuk Surga, Mudah menjawab pertanyaan Malaikat, Bebas dari Neraka, Bersama Syuhada', Bersama Rosul, Mudah melewati Shirot.

Mendidikan dalam makna kontesk adanya jaminan bahwa seorang yang dimudahkan dalam berlaku dijalur yang diridloi atas taufiq dari Allah. Membimbing dalam kehidupan sosial maupun terkhusus dengan Tuhannya. Adapun kebahagian yang sudah menjadi harapan setiap ingsan manusia, baik bahagia secara keluarga, sosial, kehidupan dunia akhirat, teramat husus dengan Tuhan dan kekasihNya.

Demikian tulisan al-faqir kami susun dengan tanpa mengurangi rasa hormat kepada pembaca yang budiman, bahwasanya dalam tulisan tersebut masih banyak kekurangan dan hanya masih sifatnya dalam cakupan hadits maupun ayat yang terbatas. Mohon sekiranya para pembaca budiman berkenan membenarkan kekeliruan-kekeliruan tersebut. Syukron.

DAFTAR PUSTAKA

Ibnu Isma’il al-Nabhani, Yusuf. 2011. Afdlol al-Sholawat ‘ala Sayyidi al-Sadat. Lebanon: Dar al-Kotob al-Ilmiyah.

Muhammad. Abi Abdi al-Mu’thi. Nur al-Dlulam Syarhu Mandlumah ‘Aqidah al-‘Awam. Dar al-Jawi.__

Ibrahim, Zaki Ibrahim. 2011. Fiqh al-Sholawat wa al-Madaih al-Nabawiyah.___

Nawawi, Muhammad bin Umar al-Jawi. 2011. Tanqih al-Qoul al-Hatsis fi Syarhi Lubab al-Hadits. Jakarta: Dar al-Kutub al-Islamiyah.

Ibnu Muhammad ibnu Husain al-Habsyi, Ali. ___. Tsimtud al-Duror.

‘Alawi al-Hadad, Abdulloh. Rotib al-Hadad.

Baca juga: Korelasi Fi'il Fa'il Maf'ul Pada Wazan Af'ala




0 Komentar