HARI RAYA MAJUSI DAN SUKU-SUKU KECIL SEKITARNYA




Ali Bin Hamzah Al-Ashbahani memaparkan dalam karyanya dengan panjang lebar kemudian oleh sayid Mahmud Syukri Al-alusi diringkas menjadi lebih ringkas, Sehingga hari raya orang majusi dan suku-suku kecil sekitarnya hanya ada tiga hari raya saja, yaitu : 1).Niruz, 2).Mahrajan, 3).suduq. Adapun hari raya terbesar mereka adalah Niruz.
Niruz istilah arabnya adalah Nuruz, pertama kali yang memilih hari ini adalah raja pertama Persi yaitu Jamsyaad (jamm (bulan), syaad (sinar)) jadi artinya sinar bulan. Adapun sebab lain penamaan hari raya ini adalah setelah musnahnya raja sebelumnya yaitu Thomhuroh maka dinamakanya hari raya ini (hari yang baru). Berarti hari raya ini merupakan perayaan kemenagan raja Jamsyaad., dalam kamus atau keterangan rujukan yang lain  Jamsyaad merupakan raja daerah (tingkat profinsi)  yang ke-Tuju. Dia merajai jin dan manusia selama 316 tahun. Dalam masa kuasanya wajah beliau belum pernah di ketahui oleh rakyatnya hingga saat rihlah menuju ke danbanwanad menuju baabil maka terlihatlah wajah yang tampan dan gagah oleh rakyatnya hingga hari itu dinamakan Nuuruz.
Demikian sedikit beberapa keterangan mengenai hari raya terbesar bagi kerajaan majusi dan suku-suku kecil di sekitarnya, untuk lebih jelasnya dapat di baca di kitab “bulughul arab” karya sayid Mahmud Syukri Al-Alusi Al-Baghdadi juz pertama halaman 348-357.

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply