Sastra masa jahili



Sastra masa jahili
Alasan Arab di namakan dengan ” jazirah arab”: karena menyerupai Arab serta sebelah utara arab tidak di batasi dengan arab.
Arab terletak sebelah tenggara Asia :
1.       Batas sebelah timur : teluk arab dan Oman.
2.       Sebelah barat berbatasan dengan laut merah.
3.       Sebelah utara berbatasan dengan padang pasir Syam dan sungai Eufrat.
4.       Sebelah selatan berbatasan dengan samudra hindia.
Wilayah arab di bagi menjadi 2 :
1.       Hijaz Utara
2.       Yaman Selatan
Ahli Geografi membagi arab menjadi 5 wilayah: hijaz, tahamah, nejd, yamamah dan yaman.
A.      Hijaz
Daerah ini di namakn dengan hijaz karena terdapat gunung" السراة "yang membentang dari yaman sampai tepi Syam. Serta menjadi penghalang antara Tahamah dan Nejd.
Hijaz penuh dengan padang pasir dan seadikit curah hujan, tumbuh rumput sedikiat. Daerah yang tersubur di hijaz yaitu thoif.Tempat yang paling terkenal yaitu Makkah karena tempat ibadahnya orang jahili dan tempat hajjinya orang-orang islam. Terdapat air zam-zam, tempat kelahirannya rasul SAW. Kota lainnya yaitu Madinah nama dulunya kota yatsribdi sana tumbuh korma,.... disan nabi berhijrah dan wafat. Sebagian yang tinggal di sana adalah orang yahudi rata-rata orang Thoif.
                Adapun qobilah yang tinggal di hijas terdiri dara suku aus dan Khazraj di madinah, quraisy di makkah,tsaqif di thoif.
                Yaman terletak pada sebelah selatan hijaz. Tempat yang tekenal dengan kekayaan dan kesuburannya, cuaca yang setabil, curah hujan tinggi dan tanhnya subur.termasuk dataran tinggi, lebih indah dari pada samudra hindi dan laut merah. Beribukota di shon’a. Sebagian kota yang penting lainya adalah Najzan yang merpenduduk nasroni

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply